BAHAN AJAR : PENERAPAN METODE BERCERITA DI SENTRA DAN

LINGKARAN (8 Jam Pertemuan)

KDILAT : IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN

A. Tujuan Mata Tataran:

Setelah selesai mengikuti penataran ini diharapkan petatar dapat:

1. Menjelaskan pengertian sentra dan lingkaran.

2. Menerapkan metode bercerita di sentra dan lingkaran.

3. Menyusun evaluasi penerapan metode bercerita di sentra dan lingkaran.

B. Ruang Lingkup

Konsep dasar tentang sentra dan lingkaran, menerapkan metode bercerita di sentra dan lingkaran, menyusun evaluasi penerapan metode bercerita di sentra dan lingkaran.

C.Prosedur Pembelajaran

Sesi 1

Informasi

M

Pengkondisiann

Diskusi

Sesi 2

Informasi

Kesimpulan

Diskusi

Sesi 3

Simulasi

Kesimpulan

Informasi

Tindak Lanjut

Penutup

Pengkondisian Akhir

D. Uraian Pembelajaran.

No

Waktu

Kegiatan

1

3 menit

Mengucapkan salam kepada para peserta

3 menit

Mengenalkan identitas diri kepada para peserta

3 menit

Menyepakati tata tertib kegiatan selama proses pembelajaran

3 menit

Menjelaskan tujuan mata tataran kepada para peserta

3 menit

Mengarahkan pembentukan kelompok, dimana dibagi menjadi 5 kelompok dan dalam satu kelompok dibagi menjadi 6 orang

2

2x 45

menit

Menjelaskan secara singkat pengertian sentra dan lingkaran di Taman Kanak-kanak

Mengarahkan para peserta untuk mendiskusikan sejumlah pertanyaan yang ada di LK 1

3

2×45

menit

Mengarahkan diskusi kepada peserta tentang pengembangan metode bercerita di sentra dan lingkaran sesuai dengan penjelasan yang ada di LK2

4

2×45

menit

Mengarahkan peserta untuk menerapkan metode bercerita di sentra dan lingkaran dengan simulasi di kelompok.

Dan diteruskan dengan simulasi diwakili salah satu kelompok yang ditunjuk untuk menjadi model di pleno dengan menggunakan LK 3

5

1×45

Menit

Mendiskusikan penyusunan evaluasi penerapan metode bercerita di sentra dan lingkaran dengan menggunakan LK4 Kemudian Menyimpulkan salah satu bentuk evaluasi penerapan metode bercerita di sentra dan lingkaran

6

30

Menit

Menyimpulkan kegiatan akhir mata tataran dan memberikan stimulus untuk mengembangkan mata tataran ini di tempat dia mengajar.

Memberikan salam penutup kegiatan dan memberi

harapan untuk di masa mendatang bisa bertemu kembali

E. Alat Bantu

1. 1 unit note book dan LCD proyektor atau OHP Proyektordan Lembar Transfaransi

2. 5 unit flipchart lengkap dengan kertas koran / kertas buram

3. 1 unit white board 1 stel spidol board marker(3 warna) 5 stel spidol permanen ( 3 warna)

4. 5 lembar karton manila warna merah

5. 5 lembar karton manila warna kuning/ biru

F. Referensi

Pedoman Penerapan Pendekatan ” Beyond Centers And Circle Time (Pendekatan Sentra dan Lingkaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini), (2006). Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional

Sofia Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini, Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional,Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

G. Skenario Pembelajaran

1. Persiapan Diklat

2. Setting Ruangan

3. Fasilitator Standar (Widyaiswara Departemen TK PPPPTK TK dan PLB)

H Pengaturan Ruangan

1. Sebelum pelaksanaan diklat,ruangan telah diatur sedemikian rupa menjadi lima kelompok,masing-masing kelompok dengan anggota 6 orang

2. Untuk masing-masing meja telah diletakkan karton yang diberi nomor kelompok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: