LANJUTAN METODE BERCERITA DI TK

Kegiatan metode bercerita di Taman Kanak-kanak antara lain:

a.Membaca Langsung dari Buku Cerita

Teknik bercerita dengan membacakan langsung itu sangat bagus, bila guru mempunyai puisi atau proses yang sesuai untuk dibacakan kepada anak TK.Ukuran kebagusan puisi atau prosa itu terutama ditekankan pada pesan-pesan  yang disampaikan yang dapat ditangkap anakmemahami pebuatanitu benar atau salah atau hal ini bagus atau jelek atau kejadian itu lucu, kejadian menarik dan sebagainya.

b.Bercerita dengan menggunakan ilustrasi gambar atau buku.

Bila certia yang disampaikan pada anak TK  terlalu panjang  dan terinci dengan menambahkan ikustrasi ngambar  dari buku yang dapat menarik perhatian anak  maka teknik nbercerita ini akan berfungsi dengan baik.Mendengarkan bercerita tanpa ilustrasi atau gambar menuntut pemusatan perhatian yang lebih besar dibandingkan bila anak mendengarkan cerita dari buku bergambar.Untuk menjadi seorang yang dapat bercerita dengan baik guru TK memerlukan persiapan dan latihan.Penggunaan ilustrasi  atau gambar dalam bercerita dimaksudkan  untuk memperjelas pesan-pesan yang dituturkan juga untuk mengikat perhatian anak pada jalan cerita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: