LANJUTAN METODE BERCERITA DI TK BAGIAN II

c.Menceritakan Dongeng

Cerita dongeng merupakan bentuk kesenian yang paling lama. Mendongeng merupakan cara meneruskan warisan budaya dari satu generasi ke generasi yang berikutnya.Dongeng dapat dipergunakan untuk menyampaikan pesan-pesan kebajikan kepada anak.Oleh sebab itu,seri dongeng perlu diperhatikan dari kehidupan anak.Banyak buku-buku dongeng  yang bagus dapat dibeli di pasaran, tetapi guru TK  kreatif dapat mencipta dongeng dari dongeng  dari negara antah berantah yang sarat dengan nilai-nilai kebajikan.

d. Bercerita dengan menggunakan papan flanel

Guru dapat membuat papan flanel dengan melapisi seluas papan dengan flanel yang berwarna netra, misalnya warna abu-abu.Gambatr-gambar tokoh yang mewakili perwatakan dalam ceritanya digunting polanya pada kertas yang dibelakangnya dilapisi dengan kertas goso yang paling halus untuk untuk menempelkan pada papan flanel supaya dapat melekat .Gambar foto-foto  dapat dibeli di pasaran atau dibuat sendiri oleh guru sesuai dengan tema dan pesan-pesan  yang ingin disampaikan melalui cerita.

e, Bercerita dengan menggunakan  media boneka.

Pemilihan bercerita dengan menggunakan boneka akan tergantung pada usia dan pengalaman anak.Biasanya boneka itu terdiri dari ayah, ibu, anak laki-laki dan anak perempuan, nenek , kakek dan bisa ditambahkan anggota keluarga  yanglain.Bomeka yang dibuat itu masing-masing menu njukkan pemegang peran tertentu.Misalnya ayah yang penyabar, ibu yang cerewet, anak laki-laki yang pemberani, anak perempuan yang manja , anak laki-laki yang pemberani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: